Harga Jengkol Per Kg

1 Agustus 2020
5/5 (1)

Harga Jengkol Per Kg  – Sebagai warga negara asli Indonesia, tentu tidak asing dengan sayuran satu ini. Melihat atau mendengar nama jengkol saja Anda pasti sudah bisa membayangkan aromanya, khususnya ketika sedang diolah. Belum lagi sayuran ini banyak digemari karena rasanya yang khas.Jengkol yang terkenal nikmat dikonsumsi ini digemari masyarakat.Harga jengkol per kg di pasaran setiap daerah berbeda-beda. Ditambah jengkol menjadi salah satu sayuran yang mudah mengalami kenaikan harga atau harganya tidak stabil. Meski begitu, penggemar olahan jengkol tetap mencari-cari, begitu juga dengan penjual warung nasi dan restoran yang menyediakan menu berbahan utama jengkol. Tidak sedikit yang mengatakan, bahwa jengkol bukan bahan makanan yang sehat. Nah, sebenarnya apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi sayuran ini? Berikut ulasannya.

harga jengkol di jakarta

Jengkol Tanpa Kulit

Jengkol Sebagai Makanan Rakyat

Pada faktanya, jengkol yang mana sering dinilai sebagai ‘makanan rakyat’ memiliki harga jual cukup tinggi. Bahkan, pada saat tertentu, harganya bisa melebihi harga jual daging ayam. Jadi, istilah jengkol merupakan makanan rakyat (menjurus pada makanan berbagai kalangan) tidak seluruhnya benar. Karena terkadang harganya yang sedang tinggi membuat banyak masyarakat selaku konsumen mengeluh, hingga berhenti mengkonsumsi sementara. Lalu dari manakah jengkol berasal? Jengkol ialah tanaman khas Asia Tenggara, memiliki nama lain yaitu Pithecollobium Jiringa dan Pithecollobium Labatum. Sehingga tidak hanya di Indonesia, jengkol juga tumbuh di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Malaysia, dan Myanmar. Harga jengkol di Indonesia bersaing dengan harga daging ayam boiler yaitu berkisar antara Rp 20.000,- hingga Rp 50.000,- per kilogram, berbeda-beda setiap daerah.

Harga Serupa:   Harga Coklat Cadbury

Cara Konsumsi Jengkol yang Aman

Karena aroma dan rasanya khas, dinilai  memiliki ‘aroma kurang sedap’ bagi sebagian orang, jengkol juga dianggap tidak baik dikonsumsi secara berlebihan seperti terlalu sering dan seperti dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak. Pada dasarnya, segala yang berlebihan memang tidak baik, bukan? Begitu juga dengan mengkonsumsi olahan jengkol. Kemudian bagaimana cara konsumsi sayuran ini agar aman bagi kesehatan? Dan apa saja risiko atau bahaya dibalik mengkonsumsi jengkol secara berlebihan? Mungkin ada dari And ayang pernah mendengar istilah ‘Kejengkolan’. Istilah ini dipakai bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan setelah mengkonsumsi olahan jengkol dalam jumlah terlalu banyak.

Biasanya mendatangkan gejala seperti nyeri di bagian perut dan sulit buang air kecil. Mengkonsumsi beragam olahan jengkol juga membuat mulut beraroma kurang sedap, serta pada sisa pencernaan. Agar konsumsi beragam olahan dari jengkol aman, perhatikan cara mengolahnya. Misalnya Anda baru membeli jengkol segar dari pasar dan dengan harga jengkol di Pasar Induk Kramat Jati cukup rendah, coba perhatikan bagaimana Anda ingin mengolah atau memasaknya. Apa ingin digoreng, dimasak menjadi sayur, dicampur dengan bumbu sambal, dan lain-lain. Lebih baik tanya mereka yang sudah berpengalaman memasak jengkol. Konsumsi dengan jumlah yang cukup dan usahkan hindari konsumsi makanan atau minuman lainnya yang berisiko mengganggu kesehatan seperti kopi.

Harga Serupa:   Harga Buah Sawo

harga jengkol per kg

Manfaat Konsumsi Jengkol

Ada beberapa kandungan yang dirasa cukup baik dan bermanfaat bagi tubuh pada sayuran jengkol di antaranya Vitamin A, Vitamin B, fosfor, protein, kalsium, alkaloid, minyak astiri, dan lainnya. Sayangnya jengkol juga mengandung racun bernama L-Djengkolid Acid, berupa asam yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh, khususnya pada area perut dan pencernaan (organ untuk membuang urine). Maka pengolahan dan cara masak yang tepat sangat disarankan.

Bagaimana bila terkena racun tersebut? Tenang, selama cara memasak dan pengolahannya tepat, kandungan racun pada jengkol bisa berkurang, masih aman dikonsumsi. Di balik manfaat dan risiko, juga bahaya dari mengkonsumsi sayuran jengkol, kenikmatan olahan jengkol tidak dapat ditolak. Khususnya bagi para penikmat kuliner berbau jengkol di Indonesia. Ditambah harga jengkol di Jakarta sekitarnya masih dinilai terjangkau yaitu berkisar Rp 40.000,- hingga Rp 50.000,- perkilogramnya.

Berbeda dengan daerah lain seperti Lampung sekitarnya, harga jengkol di Lampung berkisar Rp 25.000,- hingga Rp 30.000,- perkilogram. Namun bila terlanjur mengkonsumsi jengkol dengan kandungan racun yang masih banyak, berisiko terkena gangguan pencernaan seperti nyeri dan sulit buang air kecil. Penanganan pertama ialah dengan minum banyak air putih, meminum obat penghilang nyeri dan obat khusus berupa Natrium Bikarbonat (atau sesuai anjuran dokter).

Harga Serupa:   Harga Keju Mozarella

Selama mengolahnya secara benar, membersihkan dengan tepat, dan mengkonsumsinya dengan jumlah wajar, jengkol akan tetap menjadi bahan makanan yang aman.Itu dia ulasan seputar jengkol dan harga jengkol per kg pada beberapa daerah. Tips mengolah jengkol agar tetap sehat ketika dikonsumsi ialah dengan membersihkan jengkol lebih maksimal, buang bagian matanya karena jumlah racun terbanyak berada di bagian itu. Selain itu, lebih baik rendam di air mendidih kurang lebih 3 hingga 4 jam sebelum diolah. Semoga bermanfaat!

Daftar Harga Jengkol Per Kg

Daerah/KotaHarga Jengkol
JakartaIDR. 43.000 / Kg
 LampungIDR. 28.500 / Kg
Pasar Kramat JatiIDR. 39.000 / Kg
SemarangIDR. 30.000 / Kg
PadangIDR. 26.500 / Kg
PontianakIDR. 15.000 / Kg
SumatraIDR. 29.000 / Kg
JeparaIDR. 31.500 / Kg
Pulau JawaIDR. 30.000 / Kg
BatamIDR. 30.000 / Kg
BekasiIDR. 33.500 / Kg

Disclamer : cek harga jengkol per kg ini di atas dapat berubah sewatu-waktu tanpa adanya pemberitahuan dari kami.

Contoh Gambar Olahan Jengkol

harga jengkol di lampung

Nilai artikel ini

Lihat List Harga dengan topik/artikel Serupa; Makanan Pasar Rakyat Petani Jengkol

Anda saat ini sedang membaca Harga Jengkol Per Kg update terbaru hari ini, temukan list harga serupa pada kategori artikel berikut ini Harga Produk Pertanian atau lihat juga di kategori seputar Teknologi, Game, Kesehatan, Fashion & Kecantikan, Otomotif, Review Produk, Bisnis, Properti, Traveling & Tempat Wisata, Asuransi & Ekonomi serta Entertainment. . Untuk produk yang kami tulis harganya diatas, bisa anda beli di toko online. Beli semua produk diatas di Tokopedia, elevenia, lazada, JD.id, Taobao, Bhinneka, Matahari Mall, Alfamart, Indomaret, Zilingo, Bukalapak, Shopee. Beli Tiket liburan dan tiket wisata di Traveloka, nusatrip.com, tiket.com, agoda.com, pegipegi.com

error: Content is protected !!