Harga Gabah

31 Mei 2020
5/5 (1)

Harga Gabah – Memasuki musim paceklik, harga gabah maupun beras mulai meroket baik beras dengan kualitas premium maupun medium. Meskipun Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, namun hal ini tetap tak terhindarkan. Negara kita sudah sering melakukan impor beras dari negara lain. Tak heran bila fenomena harga gabah yang selalu naik pada musim tertentu selalu terjadi. Kenaikan harga tersebut mempersulit masyarakat yang memiliki penghasilan rendah untuk menikmati beras yang berkualitas. Tidak hanya terjadi di awal tahun 2018 saja, harga beras dan gabah ini sudah terlihat kenaikannya sejak akhir tahun 2017 lalu. Harga beras naik sejak pasokan dari para tengkulak ke pedagang mulai berkurang karena musim paceklik.

Salah satu daerah penghasil gabah yang mengalami kenaikan harga adalah Indramayu. Harga beras di beberapa pasar di daerah Indramayu semakin meningkat. Harga beras untuk kualitas premium mencapai harga sekitar Rp 11.500,- hingga Rp 12.000,- untuk setiap kilo. Hal ini tentu memberatkan masyarakat kalangan menengah ke bawah. Berbagai usaha dilakukan pemerintah seperti melakukan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OPCBP) oleh Kantor Bulog Indramayu dengan menjual beras kualitas medium ke berbagai titik. Namun, hal itu tidak berpengaruh ke semua pasar di Indramayu. Banyak konsumen yang membeli harga beras dengan kualitas medium dengan harga mencapai 10 ribu dari yang sebelumnya hanya 7 ribu saja. Padahal pihak BULOG Indramayu menjual beras ke pasaran dengan harga 8 ribu dengan catatan pedagang beras menjual beras eceran per kilo tidak melebihi Rp9.350,-. Operasi ini akan dilaksanakan hingga Bulan Maret 2018. Pada saat itu biasanya Kabupaten Indramayu telah mencapai masa panen padi.

Harga Serupa:   Harga Amistartop

 Harga Gabah

Harga padi di Indramayu saat ini mencapai sekitar 4.100 per Kg untuk Januari 2018. Bahkan di pasaran ada yang mencapai 6 ribu per kg. Harga tersebut berlaku untuk harga gabah kering giling. Harga ini juga masih bisa mengalami fluktuasi saat memasuki masa paceklik seperti sekarang ini. Harga gabah memang cenderung naik daripada saat musim tanam padi. Masa paceklik merupakan masa di mana berbagai harga gabah dan beras naik karena pasokan tengkulak yang berkurang ke berbagai pedagang pasar. Masa ini ditandai dengan adanya masa tanam padi yaitu ketika petani mengeluarkan banyak modal untuk biaya tanam padi saat musimnya tiba.

Selain Indramayu, berikut beberapa harga gabah di daerah penghasil gabah kering Indonesia. Harga gabah paling tinggi terjadi pada jenis gabah kering giling, kemudian gabah kering petani dan gabah dengan kualitas rendah.

Daftar Harga Gabah

Nama KotaHarga Gabah Kering Giling (Per Kg)
IndramayuRp. 4.100
BandungRp. 4.500
GarutRp. 4.250
SukabumiRp. 4.300
CirebonRp. 4.350
CianjurRp. 4.400
CiamisRp. 4.550
BantulRp. 4.010
JogjaRp. 4.020
Jawa TengahRp. 4.200
BaliRp. 4.088
BanyumasRp. 4.050
PonorogoRp. 4.100
JemberRp. 4.150
NgawiRp. 4.050
LampungRp. 4.450
KebumenRp. 4.250
Kalimantan SelatanRp. 4.650
LombokRp. 4.500
SumbawaRp. 4.550
SumbarRp. 4.500

Disclaimer : harga gabah di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan dari kami.

Daftar tersebut belum termasuk seluruh kota penghasil gabah di Indonesia. apabila dilihat dari tabel, maka harga gabah kering giling paling rendah terdapat di Kota Yogyakarta dan Bantul masing-masing sebesar Rp 4.010 dan Rp 4.020. Sementara dari Jawa Timur terdapat di kota Ngawi sebesar Rp 4.050. Meskipun begitu, harga gabah di Ngawi hari ini belum tentu sama dengan harga tersebut. Harga gabah masih fluktuatif di masa paceklik seperti ini.

Informasi kenaikan harga gabah

Kenaikan harga gabah yang diikuti harga beras ini sudah terlihat sejak November tahun lalu. Kenaikan saat itu sudah mencapai Rp 10.700,- per kilogram, sehingga tidak mengherankan jika pada awal Januari 2018 saja harga beras sudah mencapai 11 ribu. Hal itu sangat jauh dari Harga Eceran Tetap atau HET yang telah ditetapkan yaitu Rp 9.450 per Kg. Sementara stok beras di BULOG hanya 958.000 ton saja sehingga kesulitan untuk menekan harga beras di pasaran. Semoga di masa paceklik berikutnya, pemerintah melalui BULOG harus menyiapkan stok yang lebih banyak dari sebelumnya sehingga strategi untuk menekan tingginya harga di pasaran dapat berhasil.

Harga Serupa:   Harga Daun Kering Teh

Para petani dan konsumen pada umumnya memang harus lebih bersabar dan bertahan di masa paceklik. Apalagi banyak pedagang yang masih memanfaatkan situasi paceklik dengan memasang harga tinggi di pasaran. Harga gabah yang disajikan BPS dan sumber informasi lainnya dapat bermanfaat bagi masyarakat yang sadar untuk selalu memantau harga demi kebaikan mereka masing-masing sehingga tidak mudah dikurangi oleh pedagang nakal pada masa paceklik ini. Berbagai upaya BULOG untuk mengurangi tingginya harga beras maupun gabah pun masih diupayakan di berbagai daerah.

Contoh Gambar Gabah Kering Dan Kering Giling

Harga Gabah Kering

Harga Gabah Kering Giling

Informasi Harga Terbaru:

informasi harga gabah terkini, membeli gabah kering di mana?

Nilai artikel ini

Lihat List Harga dengan topik/artikel Serupa; Beras Gabah Kering Petani Padi

Anda saat ini sedang membaca Harga Gabah update terbaru hari ini, temukan list harga serupa pada kategori artikel berikut ini Harga Produk Pertanian atau lihat juga di kategori seputar Teknologi, Game, Kesehatan, Fashion & Kecantikan, Otomotif, Review Produk, Bisnis, Properti, Traveling & Tempat Wisata, Asuransi & Ekonomi serta Entertainment. . Untuk produk yang kami tulis harganya diatas, bisa anda beli di toko online. Beli semua produk diatas di Tokopedia, elevenia, lazada, JD.id, Taobao, Bhinneka, Matahari Mall, Alfamart, Indomaret, Zilingo, Bukalapak, Shopee. Beli Tiket liburan dan tiket wisata di Traveloka, nusatrip.com, tiket.com, agoda.com, pegipegi.com

error: Content is protected !!